Air Putih Lebong

AIR PUTIH

Wisata air putih Lebong merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit dan tujuan utama setiap wisatawan ketika musim liburan tiba. Air putih Lebong terletak di Provinsi Bengkulu, tepatnya di Desa Air Putih, Kecamatan Pinang Berlapis, dan kabupatennya adalah Lebong. Tak hanya wisatawan asli dari Bengkulu, bahkan yang dari luar pun banyak yang berkunjung dan menikmati keunikan tempat wisata ini.

Apakah yang membuat unik dan berbeda dengan destinasi wisata yang lain?
Wisata air putih lebong sebenarnya adalah perpaduan antara air dingin dan air panas yang mengalir ke dalam satu sungai yang sama. Airnya yang dingin dan sangat segar tersebut langsung mengalir dari sumber mata air dari Gunung Semelko. Dari permukaaan air, Anda bisa melihat banyaknya bebatuan yang ukurannya bervariasi memenuhi dasar sungai. Sangat indah dan menyegarkan mata ketika memandangnya.

Di sekeliling sungai dari wisata air putih Lebong masih asri, karena dikelilingi oleh tanaman hijau yang rindang, mulai dari tumbuhan perdu, semak, hingga pepohonan. Meskipun matahari telah datang, wisatawan tak perlu risau dan takut kepanasan, faktanya banyak yang tetap nyaman dan berenang juga.

Di sungai dengan tempat yang sama, Anda juga bisa menikmati air panas. Unik sekali bukan? Untuk pinngiran sungai dikelilingi oleh bebatuan besar asli dari pegunungan yang mana bisa mengeluarkan panas pula. Setiap pengunjung yang datang selalu ingin mencobanya.

Jika Anda berkendara dari pusat kota/ kabupaten, maka butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai di wisata air putih Lebong. Selama perjalanan, Anda akan menemukan kesejukan, karena Kabupaten Lebong terletak di lembah yang dikelilingi oleh bukit-bukit indah, sehingga udara sejuk asli pedesaan yang khas akan menemani perjalanan wisata Anda.

Berwisata ke wisata air putih Lebong tak perlu banyak mengeluarkan biaya. Anda hanya akan dikenakan biaya tiket masuk, biaya kebersihan/ ke toilet, dan biaya parkir saja. Meskipun sudah ada petugas kebersihan yang ada di sana, namun sebaiknya setiap wisatawan yang berkunjung juga ikut menjaga kebersihan di sekitar tempat wisata tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *