Lobang Kacamata

Lobang Kacamata

KABUPATEN Lebong memiliki banyak destinasi wisata, dan tentu sebagai warga Bengkulu tak akan lupa bahwa penyumbang emas terbesar untuk bagian puncak Tugu Monas di Jakarta adalah kabupaten Lebong. Hal itu membuktikan bahwa aktivitas penambangan emas di Lebong memang aktif. Nah, tempat penambangan yang menjadi destinasi wisata di Lebong adalah Goa Kacamata atau biasa juga disebut Lobang Kacamata.

Kenapa disebut Goa Kacamata atau Lobang Kacamata? Karena memang bentuk fisik dua lobang yang berdekatan itu menyerupai kacamata raksasa. Ini menjadi keunikan tersendiri dari Goa Kacamata. Diameter masing-masing lobang tersebut sekitar dua meter.

Dari Muara Aman, pengunjung hanya membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit untuk sampai di lokasi. Goa Kacamata ini tepatnya terletak di desa Lebong Tambang, kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu.

Goa yang menyerupai kacamata raksasa ini merupakan sisa-sisa aktifitas penambangan emas yang dilakukan oleh kolonial Belanda di masa lalu. Akibat aktivitas tambang dahulu, hingga akhirnya meninggalkan lobang seperti goa yang berbentuk lingkaran tak beraturan di dinding tebing. Goa buatan ini terbentuk ketika di awal tahun 1900-an dilakukan eksploitasi pertambangan di Lebong.

Saat ini oleh masyarakat setempat dijadikan tempat penambangan tradisional. Aktivitas penambangan emas tradisional ini merupakan daya tarik sendiri bagi pengunjung yang ingin melihat dari dekat cara penambangan emas.

Saat tiba di lokasi Goa Kacamata, pengunjung akan disuguhkan panorama alam yang indah. Untuk masuk ke Goa Kacamata, pengunjung tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun, cukup menaiki tangga dan melihat dari dekat.

Goa ini juga menjadi spot foto favorit para pengunjung ketika datang ke lokasi. Tepat di depan tangga juga ada Goa sebagai pintu untuk menuju dua lobang raksasa yang menyerupai kacamata, suasana di dalam Goa cukup gelap dan hanya ada aktifitas penambangan oleh pekerja tambang.

Dari Goa Kacamata pengunjung dapat melihat pemandangan yang memanjakan mata. Sejauh memandang maka akan terlihat barisan pegunungan dan hutan yang masih alami.

Tertarik untuk datang kesini? Perjalanan bisa ditempuh menggunakan motor ataupun mobil dengan lama perjalanan memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam dari kota Bengkulu. Namun, lelah akan terbayar oleh menawannya tempat wisata di Lebong. Jadi, jangan ragu untuk menjelajah setiap tempat wisata di Lebong termasuk Lobang Kacamata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.