Harus Berperan Tarik Wisatawan

Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Lebong ikut berperan dalam meningkatkan bidang pariwisata. Khususnya warga yang berdomisili di sekitar areal wisata harus pandai menarik perhatian guna mengundang minat wisatawan. ‘’Salah satunya berjualan makanan khas Lebong,’’ kata Bupati.

Layaknya daerah wisata yang ada di kabupaten atau provinsi lain, setiap pengunjung pasti dimanjakan dengan aneka kuliner khas masing-masing daerah. Dicontohkannya, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat yang terkenal dengan keripik sanjai. Yogyakarta dengan gudeg. ‘’Saya rasa bisa saja makanan khas Lebong, seperti lemah dikenalkan ke masyarakat luar,’’ ungkap Bupati.

Selain makanan, masyarakat di sekitar areal wisata juga bisa memanfaatkan lahan untuk tempat peristirahatan. Baik home stay maupun hotel serta aktivitas yang mengedepankan adat istiadat Lebong. Antara lain penyambutan wisatawan dengan tarian persembahan penyambutan. ‘’Kalau semua lini ikut berpartisipasi, saya rasa para wisatawan akan semakin tertarik dan betah berkunjung ke Lebong,’’ tutur Bupati.

Ia juga memerintahkan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong membenahi manajemen pengelolaan pariwisata. Termasuk Dinas Pekerjan Umum Perumahan Rakyat dan Perhubungan (PUPRHub) agar lebih maksimal dalam meningkatkan sarana dan prasarana penunjang wisata. ‘’Intinya, unsur pemerintahan, swasta serta masyarakat harus bersatu,’’ ujar Bupati.

Diketahui, Pemkab Lebong melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) telah menjalin kerjasama dengan tim Pusat Perencanaan dan Pengembangan Keperiwisataan (P-P2PAR) Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam menyusun Ripparkab Lebong. Melalui kerjasama itu tim ITB dan Pemkab Lebong akan melakukan penggalian potensi objek wisata Lebong. “Mulai dari pariwisata alam maupun objek wisata budaya, semua akan digali oleh tim,” tutup Bupati. (sca)

Sumber : http://harianrakyatbengkulu.com/ver3/2018/07/30/harus-berperan-tarik-wisatawan/