Telaga Puteri Tujuh Warna

Telaga Puteri Tujuh Warna merupakan tempat yang paling unik sehingga dijadikan salah satu objek andalan. Telaga Putri Tujuh Warna berlokasi di Desa Rimbo Pengadang, Air Dingin, Kabupaten Lebong.

Lokasi wisata unik di lebong ini mempunyai luas sekitar 50 hektar dengan tujuh warna. Empat buah telaga yang mempunyai ukuran besar yaitu telaga yang berwarna biru, merah, putih serta abu-abu, sedang tiga warna yang lain mempunyai ukuran yang kecil yaitu telaga dengan warna kuning, coklat serta hitam. Bagi Anda yang hobi wisata alam, mungkin menikmati keunikan Telaga Puteri Tujuh Warna bisa menjadi destinasi yang sangat cocok. Keindahan dan keunikan telaga ini sangat jarang bisa anda temukan di tempat lain.

Suasana telaga yang sangat tenang, membuat pikiran Anda nyaman di tempat ini. Ditambah lagi udaranya sejuk, serta warna-warna indah telaga yang memuaskan mata. Saat pertama kali Anda memasuki kawasan Objek Wisata Telaga Putri Tujuh Warna ini, Anda akan melihat Telaga dengan diameter sekitar 10 meter dengan warna biru. Telaga ini merupakan salah satu sumber air panas. Di sekitar telaga biru ini bisa Anda jumpai telaga-telaga kecil lainnya yang berwarna kuning, coklat dan hitam. Sungguh sebuah pemandangan yang unik.

Bila ingin melihat telaga lainnya, Anda cukup mengikuti aliran air sungai kecil sejauh 200 meter dari telaga biru. Jalan ini akan membawa Anda ke telaga merah. Ukurannya lebih besar dari telaga biru, dan terdapat asap putih di atasnya. Telaga selanjutnya adalah telaga abu-abu. Jaraknya, 500 meter dari telaga merah. Anda harus ekstra hati-hati saat menuju ke telaga abu-abu karena track yang dilalui cukup sulit dan bertebing. Telaga abu-abu memang tak terlalu besar, hanya berdiameter 4 meter. Tujuan selanjutnya yakni telaga utama, telaga putih. Telaga putih memiliki ukuran lebih besar dibanding telaga-telaga sebelumnya. Diameternya antara 50 sampai 100 meter.

Asal nama Telaga Puteri Tujuh Warna konon di telaga terbesar yaitu telaga yang berwarna putih dilarang untuk menyebutkan kata puteri, di percaya bila menyebut kata puteri maka semburan mata air besar di tengah danau akan semakin besar, oleh karena itu di beri nama Telaga Puteri Tujuh Warna.