Operator OPD Wajib Pelatihan e-Basen


Senin (10/9) seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Lebong diwajibkan mengirimkan operator Informasi Teknologi (IT) guna mengikuti pelatihan aplikasi e-BASEN. Yakni Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah secara elektronik program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong yang mulai tahun ini harus digulirkan seluruh OPD.

‘’Kegiatan akan dipusatkan di aula Kantor Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, red) Lebong. Jangan sampai ada OPD yang tidak mengirimkan operator,’’ tegas Kepala Bappeda Kabupaten Lebong, Ir. Eddy Ramlan, M.Si kepada RB, kemarin (6/9).

Pelatihan itu, lanjut Eddy, tindak lanjut dari pelatihan aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Pelatihan itu diikuti 15 operator dari Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) Kabupaten Lebong.

Pelatihnya langsung tim IT Pemprov Sumatera Utara yang telah dinobatkan sebagai salah satu  provinsi yang perencanaan pembangunannya terbaik. ‘’Melalui pelatihan itu, diharap seluruh OPD dapat menampilkan rencana pembangunan berbasis website. Artinya seluruh OPD tidak hanya wajib memiliki website. Namun harus mampu mengelolanya sehingga mempermudah OPD bersangkutan dalam pengusulan perencanaan pembangunan,’’ terang Eddy.

Dengan sistem website, perencanaan pembangunan yang diusung lebih transparan dan akuntabel sehingga dapat dilihat langsung oleh masyarakat. Selain itu, melalui eBasen seluruh perencanaan yang diusulkan OPD juga harus sejalan dengan program pembangunan kabupaten, provinsi dan nasional. Melalui program itu, kinerja masing-masing OPD juga akan lebih mudah dimonitor. Pelatihan itu akan diikuti 106 operator dari 53 OPD se Kabupaten Lebong.(sca)

Sumber : http://harianrakyatbengkulu.com/ver3/2018/09/07/operator-opd-wajib-pelatihan-ebasen/