OPD Diberi Pelatihan PPID

Plt Diskominfo SP Lebong, Donni Swabuana ST MSi ketika membuka pelatihan. Terlihat para peserta dari masing-masing OPD serius mengikuti pelatihan.

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Dinas Komunkasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Lebong mematangkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong.

Untuk mematangkan hal tersebut, dilakukanpelatihan selama 2 hari di ruangan IKP Diskominfo Lebong. Kadis Kominfo SP Lebong, Donni Swabuana ST MSI mengatakan, bahwa setiap OPD itu harus memiliki PPID pembantu untuk melakukan pengelolaan informasi sebelum disiarkan atau diinformasikan kepada publik ataupun di pemerintahan.

“Untuk itulah dari 40 OPD kita berikan pelatihan, sehingga nanti pemberian informasi lebih akurat,” jelasnya, kemarin (23/10). Dikatakan Donni, nantinya dari seluruh informasi dari masing-masing OPD, nantinya akan dimasukan website resmi PPID Pemkab Lebong di http://ppid.lebongkab.go.id. Selanjutnya Diskominfo akan memasukan informasi tersebut sesuai OPD yang memberikan informasi.

“Barulah nanti bisa diakses masyarakat yang sedang mencari informasi di setiap OPD,” ujarnya. Menurutnya, suatu informasi memang seharusnya bisa disampaikan kepada masyarakat. Jika nantinya masyarakat tidak menemukan informasi yang diinginkan, maka bisa langsung diminta ke masing-masing OPD untuk informasi publik yang diinginkan.“Nanti sesuai dengan prosedur atau SOP yang ada, pemohon pencari informasi bisa meminta. Selanjutnya petugas PPID akan melakukan proses untuk mencari informasi yang dibutuhkan,” sampai Donni.(614)