174 Polisi Amankan Pemilu

PELABAI – Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April, Polres Lebong akan mengerahkan 174 personel untuk pengamanan. Jumlah sudah termasuk personel yang bertugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS), pengamanan di sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebong. Sekaligus pengamanan logistik pemilu.

Dengan jumlah kekuatan itu, diharap pelaksanaan Pileg dan Pilpres di Kabupaten Lebong dapat berjalan aman dan damai. Namun tanpa adanya peran masyarakat, sulit menciptakan pemilu yang aman. ‘’Ingat pemilu adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya KPU apalagi Polres,’’ kata Kapolres Lebong, AKBP. Andree Ghama Putra, SH, S.IK usai latihan pengamanan prasimulasi di lapangan Mapolres Lebong, Kamis (21/3).

Jumlah kekuatan itu belum termasuk struktur operasi. Dipastikannya jumlah personel yang disiagakan bisa bertambah tergantung kebutuhan. Bahkan pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 di Lebong akan dibantu Satuan Brimob Polda Bengkulu. ‘’Intinya untuk pengamanan, kami dari Polres seratus persen siap menjalankan tugas menjaga segala bentuk kericuhan yang dapat mengganggu jalannya pemilu,’’ tukas Kapolres.

Tidak dipungkirinya, Polres Lebong sudah mengantongi data status kerawanan TPS sesuai hasil pemetaan yang dilakukan anggotanya. Namun TPS mana saja yang masuk kategori rawan belum bisa disampaikannya. ‘’Yang jelas teknisnya dibagi tiga kriteria. Meliputi TPS aman, TPS rawan satu dan TPS rawan dua,’’ ungkap Kapolres.

Terkait kesiapan anggotanya dalam melakukan pengamanan Pemilu, dipastikannya sudah di atas 90 persen. Namun untuk memastikannya akan diuji dalam simulasi yang akan digelar hari ini. Tidak hanya anggota, sejumlah peralatan dan senjata penunjang pengamanan juga telah disiapkan dan akan diuji coba saat simulasi.(sca)

sumber: https://harianrakyatbengkulu.com/2019/03/22/174-polisi-amankan-pemilu/