Lebong Usulkan 1.008 Kuota CPNS

Terhitung tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong baru memiliki 2.600 orang Pegawai Negara Sipil (PNS). Jumlah itu masih sangat jauh dari kebutuhan yang idealnya tenaga 5 ribu PNS. Justru itu, tahun ini Pemkab Lebong kembali mengusulkan kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Jumlahnya mencapai 1.008 kuota. Itu sesuai usulan 50 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemkab Lebong yang disampaikan ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong. ‘’Jumlah itu sudah termasuk pengusulan P3K (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, red),’’ ujar Kepala Bidang Mutasi Pengadaan Pegawai dan Informasi, BKPSDM Kabupaten Lebong, Adib Ropik, S.Sos kepada RB.

Bahkan formasinya lebih banyak untuk P3K dengan perbandingan 70:30. Perbandingan itu sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor B/617/M.SM.01.00/2019 perihal Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) 2019. ‘’Usulan sudah kami sampaikan sejak April,’’ terang Ropik.

Rinciannya, 24 formasi jabatan pimpinan tinggi dan administrasi, 463 formasi jabatan pelaksana dan 137 formasi jabatan fungsional nonguru dan kesehatan. Selebihnya 146 formasi tenaga guru dan 238 formasi tenaga kesehatan. ‘’Usulan CPNS dan PPPK itu sudah harus diunggah ke aplikasi e-formasi Menpan RB dan BKN (badan kepegawaian Negara, red) paling lambat minggu kedua bulan ini (Juni, red),’’ ungkap Ropik.

Dijelaskannya, kekurangan masih didominasi tenaga guru dan kesehatan. Sedangkan tenaga teknis tidak sampai 30 persen dari kebutuhan. Sengaja pemetaan kebutuhan tenaga PNS diserahkan ke masing-masing OPD karena pihak yang paling tahu gambaran kekurangan dan kebutuhan tenaga pegawai adalah OPD itu sendiri. ‘’Kami BKPSDM hanya memfasilitasi pemenuhan kebutuhan pegawai,’’ papar Ropik.

Namun usulan dari hasil pemetaan yang dilakukan OPD akan dikaji ulang oleh BKPSDM karena Kemenpan RB meminta pemerintah daerah mengutamakan perekrutan P3K dengan porsi hingga 70 persen. Sementara usulan OPD semuanya untuk PNS. ‘’Makanya kami sendiri yang akan memetakan mana saja kuota untuk P3K dan mana kuota untuk PNS karena kalau diserahkan lagi ke OPD dikhawatirkan waktunya tidak cukup karena limitnya tinggal dua hari lagi,’’ tutup Ropik.

Sumber : https://harianrakyatbengkulu.com/2019/06/14/lebong-usulkan-1-008-kuota-cpns/