Pemkab Kurban 21 Sapi


RAPAT : Pemkab Lebong dipimpin langsung Sekda Lebong, H Mustarani Abidin SH MSi ketika melaksanakan rapat pelaksanaan hari raya Idul Adha 1440 H.

Dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban hari raya Idul Adha 1440 Hijriah tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong akan memotong sebanyak 21 ekor sapi dan nantinya akan didistribusikan ke 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong.

Didapatkannya 21 ekor sapi merupakan kurban Organisasiai Perangkat daerah (OPD), kecuali kecamatan yang ada di wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, yaitu sebanyak 24 OPD.

Dimana dari total 24 OPD, ada OPD yang melakukan kurban sebanyak 2 ekor (sekretariat kabupaten), ada juga OPD yang melakukan kurban sebanyak 1 ekor sapi serta ada juga OPD yang bergabung baik gabungan 3 OPD dan 2 OPD dengan berkurban 1 ekor sapi.

Dikatakan Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Sosial (Kesos) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong, Fabil Rozak SAg MPDi, dari hasil rapat bersama masing-masing OPD, jika tidak ada perubahan pada hari raya Idul Adha 1440 H, Pemkab Lebong akan berkurban sebanyak 21 ekor sapi.

“Kita bersyukur masing-masing OPD bisa berkurban,” jelasnya, kemarin (07/08). Dengan berkurban Pemkab Lebong sebanyak 21 ekor sapi, ada peningkatan dari jumlah kurban tahun 2018 yang lalu dengan jumlah kurban sapi sebanyak 11 ekor.

Diharapkan ditahun-tahun selanjutnya jumlah kurban Pemkab Lebong akan terus bertambah.“Jumlah kurban tahun ini (1440 H) sangat banyak peningkatannya,” ucapnya. Cukup banyaknya jumlah kurban tahun 1440 H, maka untuk pelaksanaan pemotongan sapi tidak akan lagi dilaksanakan di masjid Agung Sultan Abdullah seperti tahun sebelumnya.

Namun sapi kurban akan disebar dimasing-masing kecamatan (12 Kecamatan) yang ada di Kabupaten Lebong.“Nanti akan disebar seluruhnya di masing-masing kecamatan,” sampainya. Akan tetapi dalam pembagian hewan kurban dari Pemkab Lebong, untuk jumlah kurban tidak akan sama dari masing-masing Kecamatan, bahkan kemungkinan ada Kecamatan yang mendapatkan 3 ekor, 2 ekor, 1 ekor bahkan mungkin ada yang tidak akan mendapatkan bagian.

“Nanti akan kita lihat laporan dari masing-masing Kantor Urusan Agama (KUA) dan kecamatan,” ujarnya. Sebagai contoh seperti di Kecamatan Lebong Utara, berdasarkan informasi yang didapatnya, cukup banyak yang akan berkurban di wilayah Kecamatan tersebut Seperti Muhammadiyah yang mencapai 22 ekor, ditambah lagi yang lainnya, sehingga kemungkinan Lebong Utara akan diberikan 1 ekro bahkan tidak sama sekali.

“Nanti akan kita arahkan kepada Kecamatan yang minim berkurban,” ucapnya. Hal ini dikarenakan, hewan kurban sendiri tujuan atau sasarannya adalah masyarakat yang selama ini cukup jarang mengkonsumsi daging. Untuk itulah dalam pembagian kupon akan diserahkan ke masing-masing panita Kecamatan.

“Karena pihak Kecamatan, Kades dan Lurahlah yang mengetahui warganya,” tutur Fabil. Sementara itu, Sekda Lebong, H Mustrani SSos MSi meminta, kepada para OPD yang akan berkurban untuk bisa segera menyampaikannya kepada petugas atau panita kurban Pemkab Lebong, agar panita bisa melakukan pembagian, apalagi akan disebar di masing-masing kecamatan.

“Segera laporankan dan saya ucapkan terima kasih karena Pemkab Lebong dan jajaran bisa berkurban untuk diberikan kepada masyarakat Lebong,” singkat Sekda.(614)

Sumber: Pemkab Kurban 21 Sapi | Terkini! Lebong https://bengkuluekspress.com/pemkab-kurban-21-sapi/