PWI Lebong Gelar Pelatihan Jurnalis

Ajak pelajar untuk menjadikan suatu informasi menjadi sebuah berita, Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lebong, melaksanakan kegiatan pelatihan jurnalis dengan tema “meramu sebuah informasi menjadi berita”.

Kegiatan ini diikuti 100 pelajar di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Lebong. Kegiatan pelatihan sendiri menghadirkan 3 narasumber untuk menyampaikan materi dalam mempelajari cara membuat berita yaitu Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antoni SH MH yang menyampaikan mengenai teknik penulisan berita baik itu berita maupun feature.

Sementara Ketua PWI Kabupaten Lebong Muharsita Delda Sip menyampaikan materi Jurnalistik dan cara-cara melakukan wawancara dengan narasumber, baik secara langsung (bertemu narasumber) maupun secara tidak langsung (telepon, pesan singkat atau email).

Sedangkan untuk narasumber ke 3 disampaikan oleh wartawan Bengkulu Ekspress Televisi (BETV) Dwi Nopiyanto AMd, menyampaikan materi manajemen penerbitan berita. Dimana penerbitan berita sendiri setidaknya harus melewati 4 tahapan mulai dari perencanaan hingga berita diterbitkan. Diadakannya kegiatan pelatihan jurnalistik, Kepala SMAN 1 Lebong, Jon Effendi SE mengatakan bahwa apa yang dilakukan PWi Kabupaten Lebong, merupakan salah satu kegiatan yang sangat postif bagi pihak sekolah maupun siswa SMAN 1 Lebong.

“Apa yang disampaikan merupakan sebuah ilmu yang sangat bagus didapat oleh para siswa kami,” jelasnya. Menjadi seorang wartawan atau jurnalis bukan pekerjaan yang mudah, karena banyak hal yang dihadapi ataupun yang harus dilakukan seorang wartawan sebelum membuat berita hingga nantinya diterbitkan di media masa tempat dirinya bekerja.

“Untuk itulah dirinya berharap apa yang didapatkan dari pelatihan, nantinya bisa diimplementasikan ke sekolah, apalagi kami memiliki madding yang bisa dijadikan sebagai sarana siswa untuk menyampaikan berita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Lebong Muharsita Delda SIp mengatakan bahwa pelatihan sendiri merupakan salah satu upaya dari pihaknya untuk menyampaikan atau memberikan pemahaman kepada siswa masalah dunia jurnalistik.

“Kita ingin menyampaikan bagaimana kerja seorang jurnalistik,” sampainya. Untuk diketahui, peran seorang jurnalis sangatlah penting, terutama sebagai penyambung lidah pemerintah maupun masyarakat, sehingga berbagai informasi disuatu daerah bisa diketahui oleh masyarakat luas, baik itu masalah pembangunan maupun masalah yang lainnya. “Sebuah informasi memang sangatlah penting dan peran seorang jurnalis saat ini masih sangat dibutuhkan,” tuturnya.(614/krn)

Sumber: PWI Lebong Gelar Pelatihan Jurnalis | Terkini! Lebong https://bengkuluekspress.com/pwi-lebong-gelar-pelatihan-jurnalis/