Bagian Administrasi Pembangunan

TUPOKSI BAGIAN ADMINISTRASI PEMBANGUNAN

Mempunyai tugas melaksanakan dan mengkoordinasikan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis serta pengendalian administrasi pembangunan.

 

Bagian Pembangunan mempunyai fungsi :

  1. Mengumpulkan bahan penyusunan dan koordinasi program tahunan pembangunan daerah.
  2. Melakukan pengendalian administrasi pembangunan yang dibiayai APDB, bantuan pembangunan dan dana pembangunan lainnya.
  3. Mengumpulkan bahan dan mengadministrasikan program bantuan pembangunan dari pemerintahan pusat, pemerintah propinsi dan bantuan pihak ketiga.
  4. Melakukan analisa dan evaluasi pelaksanaan pembangunan.
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Sub Bagian Penyusunan Program, Mempunyai Tugas :

  1. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis yang berhubungan penyusunan program pembangunan daerah.
  2. Menghimpun, mengumpulkan dan mengola data informsi yang berhubungan dengan bidang penyusunan program pembangunan daerah.
  3. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis dibidang penyusunan program pembangunan daerah.
  4. Menyiapkan dan membuat surat keputusan tentang peyunjuk PPTK dan bendaharawan.
  5. Melakukan koordinasi dengan unit kerja perangkat daeerah dalam rangka penyusunan program pembangunan daerah.
  6. Melakukan pemantauan terhadap perkembangan pelaksanaan program pembangunan daerah.
  7. Melakukan pengendalian administrasi pembangunan yang dibiayai APBD, bantuan pembangunan dan dana pembangunan lainnya.
  8. Mengumpulkan bahan dan administrasi program bantuan pembangunan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan bantuan pihak ketiga.
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Sub Bagian Pengendalian, mempunyai tugas :

  1. Memberikan tugas atau kegiatan kerja pada bawahan dalam rangka pelaksanaan kegiatan dengan memberi arahan agar pelaksanaan kegiatan dapat dilaksanakan secara baik, tepat dan tuntas.
  2. Memberi arahan kepada bawahan dalam rangka pelaksanaan kegiatan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan petunjuk kerja dan ketentuan yang berlaku.
  3. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan pengendalian pembangunan.
  4. Mencari, mengumpulkan dan mengolah dan informasi yang berhubungan dengan bidang pengendalian pembangunan.
  5. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan pedoman dan petunjuk teknis dibidang pengendalian pembangunan.
  6. Mengiventarisasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan bidang pengendalian dan menyiapkan bahan penunjuk pemecahan masalah.
  7. Melakukan koordinasi dengan unit kerja/instansi sesuai dengan idang tugaanya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas.
  8. Menyiapkan bahan penyusunan dan petunjuk teknis pembinaan dan pengendalian pelaksanaan pembangunan daerah, koordinasi penyusunan program pembangunan yang dibiayai APBD, Inpres, Sektor, Departemen Dalam Negeri dan bantuan pembangunan daerah lainnya.
  9. Mengumpulkan dan mengevaluasi pelaksanaan pembangunan daerah.
  10. Melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan program pembangunan daerah.
  11. Melakukan penatausahaan program banyuan pembangunan dari perintah propinsi, pemerintah pusat, bantuan pihak ketiga.
  12. Memriksa dan menilai hasil kerja bawahan dengan cara menyesuaikan dengan petunjuk kerja dan ketentuan yang berlaku agar tercapai keserasian dan kebenaran hasil kerja.
  13. Membuat laporan hasil kerja sub bagian pengendalian sebagai bahan informasi dan bertanggungjawab pada atasan.
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Sub Bagian Pelaporan, mempunyai tugas :

  1. Membantu kepala Bagian Penyusunan program dibidang tugasnya.
  2. Memberi tugas atau kegiatan kerja pada bawahan dalam rangka pelaksanaan sub bagian pelaporan dan memberikan arahan dalam rangka pelaksanaan sub bagian pelaporan dan memberi arahan agar pelaksanaan kegiatan dapat dilaksanakan secara cepat dan tuntas.
  3. Memberi arahan kepada bawahan dalam rangka pelaksanaan kegiatan sub bagian pelaporan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan petunjuk kerja dan ketentuan yang berlaku.
  4. Mencari, mengumpulkan, menghimpun dan mengolah data informasi yang berhubungan dengan bidang analisa dan evaluasi pelaporan.
  5. Menyiapkan bahan penyusunan kebijakkan, pedoman dan petunjuk teknis dibidang analisa dan evaluasi pelaporan.
  6. Mengiventarisasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan bidang pengendalian dan menyiapkan bahan penunjuk pemecahan masalah.
  7. Melakukan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya dalam rangka pelaksanaan tugasnya.
  8. Mengumpulkan data dan mengevaluasipelaksanaan pembangunan daerah.
  9. Menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan laporan hasil pelaksanaan proyek pembangunan daerah yang dibiayai oleh APBD, sektor, departemen dalam negeri, dan bantuan pembangunan daerah lainnya.
  10. Mengumpulkan, menghimpun meneliti dan menganalisa laporan pelsanakaan program pembangunan daerah.
  11. Menyiapkan bahan dalam rangka koordinasi terhadap kegiatan evaluasi dan penyusunan laporan program pembangunan daerah.
  12. Menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan pertanggungjawaban Bupati terhadap perkembangan pelaksanaan program pembangunan daerah.
  13. Melakukan pemantauan terhadap perkembangan pelaksanaan program pembangunan daerah.
  14. Memeriksa dan menilai hasil kerja bawahan dengan cara menyesuaikan dengan petunjuk kerja dan ketentuan yang berlaku bagi pembangunan daerah dan melakukan administrasi bantuan pembangunan daerah.
  15. Membuat laporan kegiatan sub bagian pelaporan sebagai bahan informasi pertanggungjawaban pada atasan.
  16. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan